Apa itu router?
  

Apriyanto Lv5Posted 31 Jul 2020 22:05

Apa itu router?

Router adalah alat fisik atau virtual yang mengirimkan informasi antara dua atau lebih jaringan komputer packet-switched. Perute memeriksa alamat Internet Protocol address (IP address) paket data yang diberikan, menghitung cara terbaik untuk mencapai tujuannya dan kemudian meneruskannya.

Router adalah jenis gateway yang umum. Ini diposisikan di mana dua atau lebih jaringan bertemu di setiap titik kehadiran di internet. Ratusan router mungkin meneruskan satu paket saat bergerak dari satu jaringan ke yang berikutnya dalam perjalanan ke tujuan akhirnya. Dalam model Open Systems Interconnection (OSI), router dikaitkan dengan lapisan jaringan (Layer 3).

Router tradisional adalah perangkat yang berdiri sendiri yang menggunakan perangkat lunak berpemilik. Sebaliknya, router virtual adalah instance perangkat lunak yang melakukan fungsi yang sama dengan router fisik. Router virtual biasanya berjalan pada server komoditas, baik sendiri atau dikemas dengan fungsi jaringan virtual lainnya, seperti penyaringan paket firewall, load balancing, dan kapabilitas optimalisasi jaringan area luas (WAN).

Perangkat jaringan lain, seperti titik akses nirkabel dan sakelar mungkin menyertakan fungsionalitas perute bawaan.

Cara kerja router

Router memeriksa alamat IP tujuan header paket dan membandingkannya dengan tabel routing untuk menentukan hop terbaik paket berikutnya. Tabel routing mendaftar arah untuk meneruskan data ke tujuan jaringan tertentu, kadang-kadang dalam konteks variabel lain, seperti biaya. Mereka berjumlah seperangkat aturan algoritmik yang menghitung cara terbaik untuk mengirimkan lalu lintas ke alamat IP yang diberikan.

Tabel routing sering menentukan rute default, yang digunakan router setiap kali gagal menemukan opsi penerusan yang lebih baik untuk paket yang diberikan. Misalnya, router kantor rumahan mengarahkan semua lalu lintas keluar sepanjang satu rute default ke penyedia layanan internet (ISP).

Tabel perutean bisa statis - yaitu, dikonfigurasikan secara manual - atau dinamis. Router dinamis secara otomatis memperbarui tabel routing mereka berdasarkan aktivitas jaringan, bertukar informasi dengan perangkat lain melalui protokol routing.

Banyak router juga melakukan terjemahan alamat jaringan (NAT), melindungi alamat IP pribadi dari jaringan area lokal (LAN) dengan mengatur ulang semua lalu lintas keluar dengan satu alamat IP publik bersama. NAT membantu menghemat alamat IP yang valid secara global dan meningkatkan keamanan jaringan.

Like this topic? Like it or reward the author.

Creating a topic earns you 5 coins. A featured or excellent topic earns you more coins. What is Coin?

Enter your mobile phone number and company name for better service. Go

Faisal Lv5Posted 12 Aug 2020 11:28
  
Terima kasih informasinya ...

Moderator on This Board

130
29
19

Started Topics

Followers

Follow

Trending Topics

Board Leaders